Wong yang Jempolnya Dipotong Saja ndag Protes.... Lah Saya?

11:47 PM 0 Comments



     Tresno kang luhur lan katanggung jawabkuwi ora semruduk. Ora nyedhaki yen ora biso ikhlas. Ora nggandeng yen durung iso sabar. Ora nyanding yen ora bisa nguripi.


                Saya tadi, seperti biasa, ngantor. Ngerjain kerjaan di salah satu perusahaan nasional di daerah Surabaya. Banyak yang bilang, saya ini main aman masuk perusahaan kayak gitu. Nggih, soalnya kan gajian bisa dijagain. Jam kerja pun sebatas ndag sampai malem-malem sekali. Dan lagi, ya saya masih punya waktu buat ngehobi. Buat nulis, buat main, dan juga buat ngelamun.


                Karena saya cuman karyawan biasa, ya setiap abis ngerjain pekerjaan pasti dicek dulu sama pimpinan saya, semacam supervisor gitu. Namanya juga masih muda, masih ijo. Kan takutnya, kerjaan saya ndag beres-beres amat. Ada cacat sana, cacat sini. Dan pengecekan sama pegawai yang lebih senior gitu juga kayak semacam filter buat hasil kerjaan saya sendiri.


                Nah, siang tadi. Kejadiannya saya lagi ngecek bareng sama supervisor itu. Ndilalah, pas saya ikud beliau ngecek itu, beliau tanya-tanya sama saya. ‘El, awagmu nduwe pacar?’, ‘Lalapo kog ndag duwe pacar?’, ‘Ndag iri karo konco-koncomu tah?’. Ya saya sendiri emang jomblo, jadi ditanya gitu, ya saya jawab saja, ‘Kulo lowong kog, Pak.’ Ndag iri juga saya sama temen-temen, wong jodoh kan udah ada yang ngatur. Yang pasti, sekarang saya usaha saja. Gimana cara saya bertanggung jawab, kalau nanti pas Tuhan udah nemuin saya sama jodoh saya.


                Saya kira sih, obrolannya saya sama beliau nyampe situ saja. Ternyata ndag juga. Beliau malah cerita tentang salah satu masa pacarannya. Jadi gini, dulu beliau itu sempet sekolah atau kuliah gitu di Malang. Kebetulan, saya yang asli Malang juga tau tempat-tempat yang disebutin beliau. Jadi agak nyambung gitu waktu beliau cerita. Waktu di Malang itu, beliau punya pacar di daerah salah satu kampus nuansa islami di daerah Dinoyo. Menurut beliau sih, jaman segitu, beliau udah sering mboncengin, nganterin pulang cewek itu ke rumah pake sepeda onthel.


                Gitu-gitu-gitu, sampai akhirnya beliau lulus dan kerja di Surabaya. Kalau ndag salah, tadi katanya sekitar dua tahun, sebelum beliau istilahnya ‘pulang’ ke Malang nemuin cewek itu tadi. Eh, ternyata, saya ndag tau sih hubungan beliau sama cewek itu tadi selama beliau di Surabaya. Yang pasti, si Cewek ternyata sampun punya pacar lagi, yang masih tetap menurut beliau, lebih sugih. Beliau pun mandeg, dan balik ke Surabaya.


                Cerita beliau berhenti sampai di situ, saya cuman manggut-manggut saja. Saya ngerti sih, Karena prinsip saya mungkin juga kayak beliau gitu. Jadi saya sudah boleh ceritain cerita saya ya mulai sini?


                Saya juga pernah suka sama cewek. Cakep ceweknya. Heheheheeee. Pas jaman sekolah dulu. Iya suka gitu, naksir, kasengsem, tresno, pokoknya ndag ada hari kalau ndag minimal ngirim sms lah sama dia. Tapi waktu itu saya (yang masih sekolah) juga sadar diri. Inget ya, sadar diri, bukan pengecut. Heheheheee. Wong saya ini bukan anak dari keluarga gedongan, bukan putera dari keluarga kaya. Jadi rasanya kok nanti kalau saya nerusin secara bener-bener sama cewek itu, saya takut saya ndag isa bertanggung jawab. Jadi saya pun ya cuman sebatas suka aja sama cewek itu.


                Saya pun pada akhirnya pergi ke Surabaya, kerja di perusahaan yang saat ini saya tempati. Niad awalnya ya memang buat ngumpulin bekal saya biar bisa lebih serius lagi sama dia. Paling tidak, kalau saya udah kerja, udah punya penghasilan pasti tiap bulan, saya pasti ndag ngrepotin bapak-ibuk saya lagi. Jadi saya siap buat direpotin sama cewek yang saya suka itu.


                Jadi selama, ya hampir sama, dua tahun itu saya kerja di Surabaya dan ndag ngehubungin cewek itu. Buat konsentrasi sih, sehingga bisa sebagai surprise buat dia kalau saya balik ke dia lagi, lebih serius dan bertanggung jawab pastinya. Tapi juga sejalan ma beliau tadi, takdir Tuhan bilang lain ya, ternyata juga dia udah ada yang punya waktu saya balik nemuin dia sekitar setahun yang lalu. Sakit hati El? Ya iyalah. Heheheee…


                Saya pun, apa ya istilahnya, agak syok. Apa mungkin pikiran saya selama ini salah? Setau dan sepikiran saya, namanya laki-laki ya, seneng sama perempuan, pasti ndag cuman seneng saja yang mereka janjikan kan? Ndag cuman sekedar kata cinta yang manis saja kan? Pasti ada parameter lain, masa depan dan kemakmuran, misalnya. Dalam masa membina rumah tangga nanti, masa depan dari mata pencaharian suami pasti juga jadi tolak ukur kebahagiaan, dan hal itu yang saya coba tabung selama dua tahun yang lalu.


                Istilahnya, saya kerja kan demi cita-cita saya buat hidup sama dia. Bisa dikatakan, kalau dia itu motivasi saya. Tapi sekarang, setelah saya nabung gini-gitu, ternyata dia milih yang lain. Bekal keyakinan kayak gitu, saya mau coba ngeluruk cewek itu tadi. Tapi saya urungkan, bukankah gitu-itu kemaruk? Sombong? Congkak? Membanggakan diri sendiri dan merendahkan orang lain?


                Sama seperti Palgunadi yang ibu jarinya diminta oleh Pandita Durna untuk dipotong. Toh, padahal sebenarnya, guru dari seorang Palgunadi adalah hanya sebuah patung Durna. Namun saat Pandita Durna yang asli meminta ibu jarinya, Palgunadi pun lantas ngasih tanpa sungkan dan marah potongan ibu jarinya ke Durna. Bahkan saat ternyata, potongan ibu jari tadi digabungkan Durna ke tangan Arjuna, sehingga Arjuna menjadi pemanah terhebat di seluruh hikayat pewayangan, Palgunadi tetap bisa memanah, tanpa ibu jari, dan masih jadi salah satu pemanah yang mampu menandingi kehebatan Arjuna.


                Lantas apa? Yah, motivasi dan kebisaan seseorang kadang memang didapat dengan sebuah cara. Namun, saat orang itu bener-bener sampun bisa melakukan kebisaannya dari hati, tanpa cara yang sama pun, dia masih bisa melakukannya. Tanpa ibu jari, Palgunadi tetap pemanah hebat. Tanpa cewek itu pun, saya pengen tetap punya motivasi jadi orang hebat. Mungkin dewata memang menggariskan Arjuna jadi ksatria pemanah nomor satu di dunia. Mungkin dewata pun menggariskan Palgunadi harus kehilangan ibu jarinya, justru pada saat dia bertemu dengan Durna yang asli. Dan mungkin, Tuhan pun sudah menggariskan hikayat saya sendiri seperti ini.


                Palgunadi ndag protes, jadi masak saya harus protes? Heheheheeee….


Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar:

Dimohon untuk menggunakan kata-kata yg sopan