Nikola Tesla

6:19 PM 0 Comments



NIKOLA TESLA


            Nikola Tesla melambangkan kekuatan pemersatu dan inspirasi bagi semua bangsa di atas nama perdamaian dan ilmu pengetahuan. Dia adalah seorang visioner sejati jauh di depan orang sezamannya di bidang pengembangan ilmu pengetahuan. New York State dan banyak negara lainnya di Amerika Serikat menyatakan 10 Juli ulang tahun-Nikola Tesla atau Hari Tesla.

            Banyak anggota Kongres Amerika Serikat memberikan pidato di DPR pada 10 Juli 1990 merayakan ulang tahun ke 134 dari ilmuwan-penemu Nikola Tesla. Senator Levine dari Michigan berbicara di Senat AS pada kesempatan yang sama.

            Tanda jalan "Nikola Tesla" baru-baru ini ditempatkan di sudut 40th Street dan 6th Avenue di Manhattan. Ada foto besar Tesla dalam Patung Liberty Museum. The Liberty Science Center di Jersey City, New Jersey memiliki ilmu demonstrasi harian Tesla Coil, menciptakan satu juta volt listrik di depan mata penonton. Banyak buku yang ditulis tentang Tesla: Prodigal Genius: The Life of Nikola Tesla oleh John J. O'Neill dan buku Margaret Cheney Tesla: Man out of  Time telah memberikan kontribusi signifikan terhadap ketenarannya. Sebuah film dokumenter Nikola Tesla, The Genius Who Lit the World, yang dihasilkan oleh Tesla Memorial Society dan Nikola Tesla Museum di Belgrade, The Secret of Nikola Tesla (Orson Welles), BBC Film Masters of Ionosfer adalah penghargaan lain untuk sang Jenius .

            Nikola Tesla lahir pada 10 Juli 1856 di Smiljan, Lika, yang kemudian menjadi bagian dari Kekaisaran Austo-Hungaria, wilayah Kroasia. Ayahnya, Milutin Tesla adalah seorang Serbia Ortodoks Imam dan ibunya Djuka Mandic adalah penemu dalam bidang peralatan rumah tangga. Tesla belajar di Realschule, Karlstadt pada tahun 1873, Institut Politeknik di Graz, Austria dan Universitas Praha. Pada awalnya, ia bermaksud untuk mengkhususkan dalam fisika dan matematika, tetapi segera ia menjadi tertarik dengan listrik. Dia memulai karirnya sebagai seorang insinyur listrik dengan sebuah perusahaan telepon di Budapest pada 1881. Saat itu, Tesla sedang berjalan dengan seorang teman melalui taman kota, dan mendadak solusi ke medan magnet berputar melintas di pikirannya. Dengan tongkat, dia menggambar diagram di pasir menjelaskan kepada temannya prinsip motor induksi. Sebelum pergi ke Amerika, Tesla bergabung dengan Kontinental Edison Perusahaan di Paris di mana ia merancang dinamo. Sementara di Strassbourg pada tahun 1883, ia secara pribadi membangun prototipe motor induksi dan berjalan dengan sukses. Karena tidak dapat menarik siapa pun di Eropa dalam mempromosikan perangkat radikal ini, Tesla menerima tawaran untuk bekerja untuk Thomas Edison di New York. Mimpi masa kecilnya adalah untuk datang ke Amerika untuk memanfaatkan kekuatan Niagara.

             Nikola Tesla muda datang ke Amerika Serikat pada tahun 1884 dengan surat pengantar dari Charles Batchelor ke Thomas Edison: "Saya tahu dua orang besar," tulis Batchelor, "satu adalah Anda dan yang lain adalah anak muda ini." 59 tahun berikutnya, Tesla menghabiskan kehidupannya di New York. Tesla mengatur tentang cara meningkatkan garis Edison dari dinamo saat bekerja di laboratorium Edison di New Jersey. Di sinilah perbedaan pandangannya dengan Edison atas arus searah dibandingkan arus bolak dimulai. Ketidaksepakatan ini mencapai klimaks dalam perang arus, dan Edison pun kalah dalam upaya untuk melindungi investasinya dalam peralatan arus searah dan fasilitas-fasilitasnya.

            Tesla menunjukkan ketidakefisienan dari pusat-pusat kekuatan listrik arus searah Edison yang telah membangun dan menuruni daerah pesisir Atlantik. Rahasianya, ia merasa, berdasarkan dalam penggunaan arus bolak-balik, karena baginya semua energi itu cyclic. Mengapa tidak membangun pembangkit yang akan mengirim energi listrik di sepanjang jalur distribusi pertama dalam satu cara, daripada yang lain, dalam beberapa gelombang menggunakan prinsip polyphase?

            Lampu Edison lemah dan tidak efisien bila diaktifkan oleh arus searah. Sistem ini memiliki kelemahan yang parah dalam hal itu tidak dapat diangkut lebih dari dua kilometer karena ketidakmampuan untuk melangkah ke level tegangan tinggi yang penting untuk transmisi jarak jauh. Akibatnya, pembangkit listrik arus searah yang diperlukan pada dua interval mil.

            Arus arus searah terus menerus dalam satu arah, seangkan arus bolak-balik merubah arah arus sebanyak 50 atau 60 kali per detik dan dapat melangkah bervariasi ke tingkat tegangan tinggi, meminimalkan kerugian daya di jarak yang jauh. Masa depan milik arus bolak-balik.

            Nikola Tesla mengembangkan polyphase sistem arus bolak-balik (alternating current: AC) pada generator, motor dan transformer dan memegang 40 dasar paten AS pada system, yang pada akhirnya dibeli George Westinghouse, dan bertekad untuk memasok Amerika dengan sistem Tesla. Edison tidak ingin kehilangan kerajaan DC, dan perang pahit terjadi. Ini adalah perang antara arus AC dan DC. Tesla-Westinghouse akhirnya muncul sebagai pemenang karena AC adalah teknologi yang unggul. Itu adalah kemenangan perang untuk kemajuan Amerika dan dunia.

            Tesla memperkenalkan motor dan sistem listrik di sebuah makalah klasik, "A New System of Alternating Current Motors and Transformers" yang disampaikan di hadapan American Institute of Electrical Engineers pada tahun 1888. Salah satu yang paling terkesan adalah industrialis dan penemu George Westinghouse. Suatu hari ia mengunjungi laboratorium Tesla dan kagum pada apa yang dilihatnya. Tesla telah membangun model sistem polyphase terdiri dari dinamo arus bolak-balik, trafo step up, trafo step down dan motor AC di ujung lain. Kemitraan sempurna antara Tesla dan Westinghouse dalam hal penggunaan listrik nasional di Amerika telah dimulai.

             Pada bulan Februari 1882, Tesla menemukan medan magnet berputar, sebuah prinsip fundamental dalam fisika dan dasar dari hampir semua perangkat yang menggunakan arus bolak-balik. Tesla dengan brilian mengadaptasi prinsip medan magnet rotasi untuk mengembangkan AC dalam motor induksi arus dan sistem polyphase untuk pembangkitan, transmisi, distribusi dan penggunaan daya listrik.

             AC motor induksi Tesla secara luas digunakan di seluruh dunia dalam industri

dan peralatan rumah tangga. Ini memulai revolusi industri pada pergantian abad. Listrik saat ini dihasilkan, ditransmisikan dan diubah menjadi mekanis daya dengan cara penemuannya. Prestasi terbesar Tesla adalah system poliyphase AC, yang saat ini digunakan sebagai pencahayaan seluruh dunia.

            Tesla membuat heran dunia dengan menunjukkan. keajaiban bolak arus listrik di World Columbian Exposition di Chicago pada tahun 1893. Alternating current menjadi daya standar dalam abad ke-20. Prestasi ini mengubah dunia. Dia merancang powerplant tenaga air pertama di Niagara pada tahun 1895, yang merupakan kemenangan akhir dari arus bolak-balik. Pencapaian tersebut diliput secara luas di dunia pers, dan Tesla dipuji sebagai pahlawan dunia luas. Raja Nikola Montenegro memberikan penghargaan  kepadanya berupa Orde Danilo.

             Tesla adalah seorang pelopor dalam berbagai bidang. The Tesla coil, yang ia diciptakan pada tahun 1891, secara luas digunakan saat ini di radio dan televisi dan peralatan elektronik lainnya. Tahun itu juga ditandai saat Tesla menjadi kewarganegaraan Amerika Serikat. AC motor induksi nya saat ini dianggap sebagai salah satu dari sepuluh penemuan terbesar sepanjang masa. Di antara penemuannya adalah lampu neon, sinar laser, komunikasi nirkabel, transmisi nirkabel energi listrik, remote control, robot, turbin Tesla dan vertikal lepas landas pesawat. Tesla adalah ayah dari radio dan sistem transmisi listrik modern. Dia terdaftar lebih dari 700 hak paten di seluruh dunia. Visinya meliputi eksplorasi energi surya dan kekuatan laut. Dia meramalkan komunikasi antarplanet dan satelit.

            The Century Magazine menerbitkan prinsip Tesla, telegrafi tanpa kabel, mempopulerkan sebelum kuliah ilmiah Franklin Institute pada bulan Februari 1893.

            Electricity Review pada tahun 1896 menunjukkan sinar-X dari seorang pria, yang dibuat oleh Tesla, dengan tabung X-ray dari desain sendiri. Mereka muncul pada waktu yang sama seperti ketika Roentgen mengumumkan penemuan sinar-X. Tesla tidak pernah berusaha untuk mengklaim penemuannya lebih prioritas. Roentgen mengucapkan selamat pada Tesla untuk gambar X-ray yang canggih, dan bahkan menulis nama Tesla Roentgen di salah satu film-filmnya. Dia bereksperimen dengan shadowgraphs mirip dengan apa yang kemudian itu akan digunakan oleh Wilhelm Rontgen ketika ia menemukan sinar-X pada tahun 1895. Tak terhitung percobaan Tesla termasuk bekerja pada lampu tombol karbon, pada kekuatan resonansi listrik, dan pada berbagai jenis petir. Tesla menemukan tabung vakum khusus yang memancarkan cahaya yang akan digunakan dalam fotografi.

            Luasnya penemuannya ditunjukkan oleh paten nya untuk turbin uap bladeless berdasarkan prinsip aliran spiral. Tesla juga mempatenkan desain pompa untuk beroperasi pada suhu yang sangat tinggi.

            Nikola Tesla mempatenkan sistem dasar radio pada tahun 1896. Diterbitkannya skema diagram itu lantas menjelaskan semua elemen dasar dari pemancar radio yang kemudian digunakan oleh Marconi.

            Pada tahun 1896 Tesla membangun instrumen untuk menerima gelombang radio. Dia bereksperimen dengan perangkat ini dan mentransmisikan gelombang radio dari laboratoriumnya di South 5th Avenue. ke Gerlach Hotel di 27th Street di Manhattan. Perangkat ini memiliki magnet yang mampu memberi medan magnet yang kuat hingga 20.000 baris per sentimeter. Perangkat radio jelas merupakan hal yang penting dalam penemuan radio.

            Pemanar kapal quench-spark yang dihasilkan oleh Lowenstein Radio Company dan berlisensi di bawah paten Nikola Tesla Company, dipasang pada pembuluh Naval AS sebelum Perang Dunia I.

            Pada bulan Desember 1901, Marconi mendirikan komunikasi nirkabel antara Inggris dan Newfoundland, Kanada, membuatnya memenangkan hadiah Nobel pada tahun 1909. Tapi banyak karya Marconi adalah tidak asli. Pada tahun 1864, James Maxwell berteori gelombang elektromagnetik. Pada tahun 1887, Heinrich Hertz membuktikan teori Maxwell. Kemudian, Sir Oliver Logde memperpanjang sistem prototipe Hertz. The Brandley coherer meningkatkan jarak pesan bisa ditransmisikan. Coherer ini disempurnakan oleh Marconi.

            Namun, jantung transmisi radio didasarkan pada empat sirkuit disetel untuk mentransmisi dan menerima. Ini adalah konsep asli Tesla ditunjukkan dalam kuliah terkenal di Franklin Institute di Philadelphia pada tahun 1893. Empat sirkuit, yang digunakan dalam dua pasang, masih merupakan bagian fundamental dari semua peralatan radio dan televisi.

           
The United States Supreme Court, pada tahun 1943 mengemukakn bahwa penemuan Marconi adalah tidak valid, dan mengakui kontribusi Tesla lebih signifikan sebagai penemu teknologi radio.

            Tesla membangun stasiun percobaan di Colorado Springs, Colorado pada tahun 1899, untuk bereksperimen dengan tegangan tinggi, listrik frekuensi tinggi dan fenomena lain.

            Ketika pembesar pemancar Colorado Springs Tesla Coil memancarkan energi, itu menciptakan percikan api 30 meter. Dari antena luar, percikan api ini bisa dilihat dari jarak sepuluh mil. Dari laboratorium ini, Tesla membuat dan mengirim keluar gelombang nirkabel yang dimediasi energi, tanpa kabel bermil-mil.

            Di Colorado Springs, di mana ia tinggal dari Mei 1899 hingga 1900, Tesla membuat apa yang ia dianggap sebagai penemuan paling penting nya - gelombang stasioner terestrial. Dengan penemuan ini, ia membuktikan bahwa bumi dapat digunakan sebagai konduktor dan akan sangat responsif sebagai garpu tala untuk getaran listrik dengan frekuensi tertentu. Dia juga menyalakan 200 lampu tanpa kabel dari jarak 25 mil (40 kilometer) dan menciptakan petir buatan manusia. Pada suatu waktu dia yakin dia telah menerima sinyal dari planet lain di laboratorium Colorado, sebuah klaim yang bertemu dengan ketidakpercayaan di beberapa jurnal ilmiah.

            The Waldorf Astoria adalah kediaman Nikola Tesla selama bertahun-tahun. Dia tinggal di sana ketika ia berada di puncak kekuatan finansial dan intelektual. Tesla mengorganisir makan malam yang mewah, mengundang orang-orang terkenal yang kemudian menyaksikan percobaan petir yang spektakuler di laboratorium nya.

            Finansial didukung oleh J. Pierpont Morgan, Tesla membangun laboratorium Wardenclyffe dan menara pemancar terkenal di Shoreham, Long Island antara 1901 dan 1905. Landmark besar ini adalah 187 meter, dibatasi oleh sebuah kubah tembaga 68-kaki yang bertempat pemancar pembesar. Hal ini direncanakan untuk menjadi sistem siaran pertama, transmisi baik sinyal dan daya tanpa kabel untuk setiap titik di dunia. Pemancar pembesar, pemakaian listrik frekuensi tinggi, akan mengubah bumi menjadi sebuah dinamo raksasa yang akan menjadi sebuah proyek listrik dalam jumlah tidak terbatas di mana saja di dunia.

            Konsep Tesla listrik nirkabel digunakan untuk liners daya laut, menghancurkan kapal perang, menjalankan industri dan transportasi dan mengirim komunikasi instan di seluruh dunia. Untuk merangsang imajinasi publik, Tesla menyarankan bahwa daya nirkabel ini bahkan dapat digunakan untuk komunikasi antarplanet. Jika Tesla yakin untuk mencapai Mars, apakah terlalu sulit untuk mencapai Paris. Banyak surat kabar dan majalah mewawancarai Tesla dan menggambarkan sistem baru untuk memasok listrik nirkabel untuk menjalankan semua industri bumi.

            Karena sengketa antara Morgan dan Tesla untuk penggunaan akhir menara. Morgan menarik dana nya. Komentar klasik pemodal adalah, "Kalau ada yang bisa menarik kuasa, di mana kita menempatkan meter?"

            Didirikan, tapi tidak lengkap Menara ini dihancurkan pada tahun 1917 untuk alasan keamanan masa perang. Situs di mana menara Wardenclyffe berdiri masih ada dengan 100 kaki pondasi dalam masih utuh. Laboratorium Tesla dirancang oleh Stanford White pada tahun 1901 saat ini masih dalam kondisi baik dan menghiasi dengan sebuah plakat peringatan dua abad.

            Tesla member kuliah untuk komunitas ilmiah tentang penemuannya di New York, Philadelphia dan St Louis dan sebelum organisasi ilmiah baik di Inggris dan Perancis pada tahun 1892. Kuliah Tesla dan tulisan-tulisan dari tahun 1890-an menimbulkan kekaguman luas di antara manusia sezamannya, mempopulerkan penemuannya dan menginspirasi tak terhitung jumlah orang-orang muda untuk memasuki bidang baru radio dan ilmu listrik.

            Nikola Tesla adalah salah satu tokoh paling terkenal dalam pers Amerika, dalam abad ini. Menurut edisi khusus Life Magazine September 1997, Tesla merupakan satu diantara 100 orang paling terkenal dari 1.000 tahun terakhir. Dia adalah salah satu orang besar yang mengalihkan aliran sejarah manusia. Selebritas Tesla berada di puncaknya pada pergantian abad. Penemuannya, peralatan dan visinya telah diterima secara luas oleh masyarakat, komunitas ilmiah dan pers Amerika. Penemuan Tesla memiliki cakupan luas di jurnal ilmiah, pers harian dan mingguan serta dalam publikasi sastra dan intelektual terkemuka hari. Dia adalah Super Star.

           Tesla menulis banyak artikel otobiografi untuk jurnal terkemuka eksperimen listrik, yang dikumpulkan dalam buku, My Inventions. Tesla berbakat dengan kekuatan intens visualisasi dan memori yang luar biasa dari masa muda sejak dini. Dia mampu sepenuhnya membangun, mengembangkan dan menyempurnakan penemuannya sepenuhnya dalam pikirannya sebelum menuliskannya.

           Menurut Hugo Gernsback, Tesla dikenali dari penampilan fisik yang mencolok, tinggi lebih dari enam meter dengan mata ysng dalam dan dengan cara-cara yang mengagumkan. Dalam pandangannya, Tesla adalah seorang pria yang luar biasa diberkahi dengan kesegaran fisik dan mental, siap untuk mengejutkan dunia dengan semakin banyak penemuan saat ia tumbuh dewasa. Sebuah bujangan seumur hidup ia memimpin eksistensi agak terisolasi, mencurahkan energi penuh untuk ilmu pengetahuan.

           Pada tahun 1894, ia diberi gelar doktor kehormatan oleh Columbia dan Yale University dan medali Elliot Cresson oleh Franklin Institute. Pada tahun 1934, kota Philadelphia memberikan kepadanya medali John Scott untuk sistem tenaga polyphase nya. Ia adalah anggota kehormatan dari Asosiasi Electric Light Nasional dan seorang rekan dari Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan. Pada satu kesempatan, ia menolak undangan dari Kaiser Wilhelm II untuk datang ke Jerman untuk menunjukkan eksperimen dan untuk menerima dekorasi tinggi.

            Pada tahun 1915, sebuah artikel New York Times mengumumkan bahwa Tesla dan Edison akan berbagi penghargaan Nobel untuk fisika. Anehnya, tak seorangpun menerima hadiah, alasannya tidak jelas. Ada rumor bahwa Tesla menolak hadiah karena dia tidak akan berbagi dengan Edison, dan karena Marconi telah menerima nya.

            Pada ulang tahunnya yang ke-75 pada tahun 1931, Tesla muncul di sampul majalah Time. Pada kesempatan ini, Tesla menerima surat ucapan selamat dari lebih dari 70 perintis dalam sains dan teknik termasuk Albert Einstein. Surat-surat ini dipasang dan disajikan untuk Tesla dalam bentuk volume testimonial.

            Tesla meninggal pada 7 Januari 1943 di Hotel New Yorker, tempat ia tinggal selama sepuluh tahun terakhir hidupnya. Kamar 3327 di lantai ke-33 adalah dua kamar suite yang diduduki.

            Sebuah pemakaman kenegaraan diadakan di St John the Divine Cathedral di New York City. Telegram belasungkawa yang diterima dari banyak tokoh, termasuk Eleanor Roosevelt dan Wakil Presiden Wallace. Lebih dari 2000 orang hadir, termasuk beberapa pemenang hadiah Nobel. Dia dikremasi di Ardsley di Hudson, New York. Abunya diinternir di lingkup emas, bentuk favorit Tesla, ditampilkan permanen di Museum Tesla di Belgrade bersama dengan topeng kematiannya.

            Dalam sambutannya, tentang Tesla dengan medali Edison, Wakil Presiden Behrend dari Institute of Electrical Engineers fasih menyatakan sebagai berikut: "Apakah kami pantas untuk merebut dan menghilangkan dari dunia industri kita hasil kerja Mr Tesla, roda industri akan berhenti mengubah, mobil listrik dan kereta akan berhenti, kota kita akan menjadi gelap dan pabrik kami akan menganggur dan mati. Namanya menandai sebuah era kemajuan ilmu pengetahuan listrik. " Mr Behrend mengakhiri pidatonya dengan parafrase garis Paus tentang Newton: "Alam dan hukum alam berbaring menyembunyikan malam Tuhan berkata 'Biarlah Tesla menjadi' dan semua terasa ringan.."

 

            The world will wait a long time for Nikola Tesla’s equal in
                                           achievement and imagination.”  E. ARMSTRONG


 

                                    Nikola Tesla Penghargaan dan Pengakuan

 

Pada tahun 1917, Tesla dianugerahi Edison Medal, hadiah listrik paling didambakan di Amerika Serikat.

Nama Nikola Tesla telah dihormati dengan Satuan Internasional Kepadatan Flux Magnetic disebut "Tesla."

Amerika Serikat Postal Service terhormat Tesla dengan perangko peringatan pada tahun 1983.

Tesla masuk dalam Hall Inventor of Fame pada tahun 1975.

The Nikola Tesla Award merupakan salah satu penghargaan paling terkenal disampaikan oleh Institute of Electrical Engineers. Penghargaan ini telah diberikan setiap tahun sejak tahun 1976.

The Nikola Tesla Patung ini terletak di pulau kambing untuk menghormati pria yang penemuan dimasukkan ke Niagara Falls Power Station pada tahun 1895. Tesla dikenal sebagai penemu polyphase alternating current.

The Nikola Tesla Pojok Sign, yang terletak di persimpangan 40th Street dan 6th Avenue di Manhattan, adalah pengingat konstan untuk semua warga New York dari kebesaran jenius ini.

 

New York, July 10, 1998                                                                     
                                                                                            -Dr.  Ljubo Vujovic
                                                                                             Secretary General, New York
                                                                 Tesla Memorial Society 






Sumber: http://www.teslasociety.com/biography.htm

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar:

Dimohon untuk menggunakan kata-kata yg sopan