Srengenge (Matahari)

11:49 PM 0 Comments

     Semalem itu saya mimpi. Ceritanya gini, wong semalem kan saya begadang sampe hampir jam dua pagi di depan laptop saya. Nah, jam dua itu saya tidur. Ga inget, menyengaja tidur atau kalah sama pelukan bantal nan nyaman. Intinya saya tidur gitu loh, kog dibuat repot tho. Kuping ini serasa masih denger lagu yang saya putar di windows player, tapi mata ini udah gelap. Di tengah-tengah itu, ga tau lebih ke kanan atau ke kiri beberapa senti, saya bilang di tengah saja, saya itu seperti mbayangno di depan saya itu banyak orang, baris. Saya ada di antara mereka itu, saya ga tau gimana keadaan belakang saya, wong saya ga bisa noleh. Yang pasti di depan itu banyak orang baris, item semua, entah cowok, entah cewek, entah ibuk, entah bapak, ndag jelas.
     Mereka semua, termasuk saya, jalan secara berurutan ke arah seperti sinar, cahaya yang terang banget. Satu-persatu orang-orang itu masuk, atau ditelan, atau hilang di balik cahaya itu. Ndag tau juga, mereka tembus kemana, wong giliran saya masih jauh di belakang, ngikut antri, ga boleh nyalip, ga boleh seenak udel, ga boleh egois, kalo kata peraturan di tempat saya. Saya ya manut saja, wong kita itu kan punya peraturan biar teratur. Jangankan dalam hal baris-berbaris, dalam hal pipis saja ada aturannya. Misal, 'Ga boleh kencing di sini. Kecuali anjing'. Itu peraturan, intinya yang boleh pipis di situ cuman anjing. Ayam ga boleh, kambing ra oleh, sapi mboten angsal, babi juga ndag boleh. Masalahnya, ya mereka itu ndag isa baca peraturan itu. Segala bangsa ayam (kecuali ayam kuliahan), segala bangsa kambing, segala bangsa sapi, segala bangsa babi, ndag tau ada peraturan kayak gitu. Lha kita? Kita tau. Karena kita bisa baca. Kesimpulannya, kita, orang, manusia, manungsa, human, yang dilarang buat pipis di situ, bukan selainnya. El? Opo toh vrooh? Koncoku berarti isa pipis nag kunu? Lah, kog isa? Temenmu orang bukan? Yo orang tho. Wah, berarti ya ga isa. Wong yang boleh pipis cuman anjing. Lah, lha iki temenku nama e Rajagukguk loh? Modyaaar. Yo sak merdeka samean ae lah.
      Baris dan ga boleh nyalip, selain sebagai peraturan yg teratur, juga sebagai keurutan yang urut. Semua ada waktunya sesuai garisan Tuhan. Ga boleh salip-salipan, ga boleh ketuker. Bisa saja si A itu garisnya mati besok, ya jangan sampe ketuker sama si B yang umurnya masih agak lamaan. Bisa saja si A waktunya besok dapet rejeki, ya jangan sampe rejekinya ketuker sama si B. Wong intinya harus urut, ga boleh salip-salipan, ga boleh tuker-tukeran. Jangankan masalah hidup mati dan rejeki, wong orang pipis (kog pipis lagi? ndag papa lah :3) harus sesuai urutan. Urutannya kan masuk toilet, buka iket pinggang, buka celana, buka celana dalam, baru pipis. Ya jangan sampe pipis dulu, baru buka celana, kan jadi ambyaaar kemana-mana. Saya ya ngikut saja, wong saya percaya sama sifat keurutan itu. Iya kalo cahaya putih di mimpi saya itu, baliknya surga, saya musti cepet-cepet, nyali sana- nyalip sini, lha kalo baliknya ternyata debt collector lagi manggil satu-satu penghutang-penghutang kayak saya? Modaaaaar.
      Kira-kira beberapa puluh langkah. Saya sudah dekat sama cahaya di mimpi saya itu. Cahayanya memang terang banget, silau seperti lampu neon usang pernikahan mantan saya dulu. Saya picing-picing mata sembari nungguin orang di depan saya masuk ke cahaya itu. Saya tunggu-tunggu orang itu awe-awe di depan, lama sekali orang itu diam di depan. Ndilalah, orang itu noleh ke saya. Ga jadi masuk, orang itu malah minggir, ngasi jalan buat orang lain, terus jongkok di sebelah cahaya itu. Saya pun jadi ga ngeh, lantas menghampiri orang itu. 'Punten. Jur kenopo njenengan mboten mlebet, Pak?'. 'Durung wayah e lho le. Awagmu kate dhisikan tah? Monggo. Aku isih ngenteni srengenge (matahari).' Saya ga ngerti apa maksud orang itu, kog ya nunggu matahari? Matahari apa seng ditunggu? Belanja di Matahari kah? Saya tetep ga tau.
       Pelan-pelan saya masuk ke cahaya itu, sambil dihadiahi lambaian tangan orang itu. Bukan, bukan sih. Saya masuk soalnya, dari belakang saya sudah banyak suara-suara berdehem nunggu saya masuk. Yawes saya masuk saja, walo belum ngeh sama matahari apa yang ditunggu orang itu. Dan ketika saya masuk ke cahaya itu, ndilalah saya kebangun dari tidur. Sedikit kucek-kucek mata, saya perhatikan jam di henpon jadul saya, pukul 3.20. Setelah beranjak ke kulkas, dan ngambil segelas air dingin, saya tidur lagi. Bener tho Le. Durung wayah e. Neng kene disek ngenteni srengenge, isih peteng ndeg njobo toh? Oalah, bener Pak. Wong jam setengah papat bae durung ono. Srengenge (matahari) yo durung metu. Yawes, aku melu njenengan mawon ngenteni srengenge neng kene.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar:

Dimohon untuk menggunakan kata-kata yg sopan