Motivator itu (capslock) BULLSHIT

6:29 PM 1 Comments





     ‘Saya ndag suka sama motivator. Motivator itu bullshit. Saya ndag suka sama Mario Teguh. Mario Teguh itu motivator. Motivator itu bullshit.’
     Saya juga punya pandangan hidup. Jauh, jauh banged sama pandangan hidup ideal ala motivator. Ala Mario Teguh. Apalagi kalau udah nyentuh motivasi-motivasi (baca: bullshit-bullshit) tentang sukses, kekayaan, dan hal-hal yang mirip dengan itu.
     Awalnya, motivasi itu dalam kamus saya yaitu harapan. Memotivasi orang lain, artinya menumbuhkan harapan pada orang lain. Entah harapan dalam bidang apa. Cinta, kesuksesan, atau hal-hal lain yang nurut saya ndag penting. Kalau samean ini pengen punya motivasi, pengen punya harapan, jangan dari motivator. Mereka itu ngomong, mereka dibayar buat ngomong, mereka dibayar buat memotivasi samean, jadi mereka itu dibayar buat ngasih harapan buat yang mbayar. Ini gimana toh pengertiannya El, saya kog ndag paham? Wah, sama Mas. Saya juga ndag paham, kita cerita-cerita aja ya.
      Katakan, suatu hari saya baca koran pagi-pagi. Iya jelas lah sama kopi ditambah Sampoerna Mild. Kebetulan di situ, ada berita yang menarik, katakan lah berita korupsi. Dalam hati kecil saya ini mikir. Wah El, awagmu iki lek mikir pake hati? Halah, Mas. Salah dikit toh gapapa. Hati saya mikir, wong orang Indonesia ini loh banyak yang mlarat, banyak yang miskin, banyak yang ndag sekolah, banyak yang susah mau makan, tapi mereka mbayar pajak. Kog ada, binatang-binatang yang udah kaya sekaya-kayanya, masih tega makan pajak dari orang-orang miskin? Apa mereka kurang kaya? Apa mereka memang cuman wujud saja manusia, tapi hatinya busuk kayak tai, tapi otaknya ndag dipake kayak binatang, tapi tingkah lakunya ga bisa diandalkan kayak setan? Dari situ, saya pengen, pengen mbenahi kesejahteraan rakyat Indonesia. Pengen nunjuk idungnya para koruptor di tengah-tengah orang-orang desa yang lagi nggarap sawah. Pengen jeblosin mereka ke penjara malu seumur hidup. Itu motivasi, itu harapan, walau belum bisa saya wujudkan. Paling engga saya termotivasi untuk itu.
      Katakan, di hari lain. Saya ini naksir sama cewek. Tapi ya gitu, saya ndag berani ngomong. Wong saya ini ndag romantic, pengecut lagi. Nah, niadnya saya cerita ke temen saya. Ya ndag apa-apa, wong buat keluh kesah aja. Setelah saya cuhat, temen saya nasihatin saya. El, awagmu kuwi seng wani. Jenenge wong lanang kuwi kudu teges. Mosok arep nembak ae ra wani? Contohen aku iki loh. Lek seneng wadon yo langsung ngomong. Ra wedian koyok kowe ngene iki (El, kamu itu yang berani. Namanya cowok ya harus tegas. Masak mau nembak aja ga berani. Kayak aku ini loh. Kalo seneng sama cewek langsung bilang. Ndag penakut). Fine, niadnya ngemotivasi. Tapi please,samean itu ndag tau keadaan saya. Jangan banding-bandingin saya sama samean. Saya itu cuman mau cerita, ndag butuh ceramah jumat.
       Jadi gimana kesimpulannya? Motivator itu ndag tau keadaan samean satu-persatu. Mereka itu cuman ngasih omongan se-general mungkin. Kalo samean sampai termotivasi sama omongan-omongan itu, lantas samean maksa nerapin di hidup dengan keadaan samean yang mungkin ndag sama dengan yang dibicarain si motivator tadi, yang ada cuman nyiksa dengan harapan-harapan (baca: motivasi) palsu. Harus, kudu, samean termotivasi dari dalem diri samean sendiri. Kalau motivasi itu numbuh dari hati samean sendiri, pasti itu sesuai dengan keadaan hidup samean dan bisa dilakukan. Kalo samean termotivasi dari omongan orang, ya please lah, mereka emang dibayar buat itu, mereka ndag peduli motivasi mereka bisa samean jalani atau engga. Yang pasti tugas mereka ngasi motivasi, peduli setan samean mampu ngelakuin atau engga. Titik.

Epilog:
         Saya punya Tuhan. Tuhan saya itu berkehendak di empat sisi hidup saya. Yaitu: hidup saya, mati saya, rezeki saya, dan jodoh saya. Jadi kalau Mario Teguh bilang, semua orang itu punya potensi kaya, dan bisa kaya, itu omong kosong. Rezeki itu udah ada yang ngatur, kita ndag isa mbantah. Kalo Mario Teguh bilang, kalo kita kaya, kita terhormat dan bisa dapetin pasangan hidup yang terhormat pula, itu bullshit. Jodoh itu udah ada yang ngatur, kita ndag isa bantah. Salah satu kalimat doa kita aja katak gini, ‘… jika rizki saya masih di atas langit, maka turunkan. Jika di bawah bumi, maka keluarkan, dst..’ bukannya doa minta rezeki, tapi lancarkan rezeki. Bukannya doa minta dijodohin sama si A, tapi lancarkanlah jodoh kami. Amin.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

1 comment:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Dimohon untuk menggunakan kata-kata yg sopan